Negara-Negara FEALAC Setuju Bentuk Youth Forum dan Youth Center

By Admin

nusakini.com--Isu kepemudaan dibahas pada Pertemuan ke-18 Pejabat Tinggi pada tingkat Senior Officials' (SOM) FEALAC (Forum for East Asia – Latin America Cooperation) telah diselenggarakan di Busan, Korea Selatan (30/8). Indonesia mengusulkan kerja sama kepemudaan FEALAC Youth Forum and FEALAC Youth Center sebagai tindak lanjut dari Indonesia-FEALAC Youth Conference di Bandung, tahun 2015. 

"FEALAC Youth Forum akan menjadi online platform bagi para pemuda FEALAC untuk saling berinteraksi dan melakukan kegiatan yang dapat memacu kreativitas anak muda kedua kawasan," ujar Dewi Gustina Tobing, Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI, selaku Alternate FEALAC Senior Officials' Meeting (SOM) Leader Indonesia. 

Selain Youth Forum, akan dibentuk juga FEALAC Youth Center yang akan menjadi host bagi kegiatan yang diselenggarakan oleh FEALAC Youth Forum, termasuk mendiseminasikan dan mendiskusikan rencana kegiatan yang menarik minat para pemuda di kawasan Asia Timur dan Amerika Latin tersebut. 

Negara-negara anggota FEALAC lainnya mendukung usulan Indonesia tersebut. Hal ini tertuang dalam Laporan Pertemuan ke-18 Pejabat Senior FEALAC. Selain itu, Indonesia juga mengusulkan kepada negara-negara FEALAC untuk menetapkan "FEALAC Day" agar dapat diperingati sebagai bagian dari meningkatkan FEALAC Awareness. Usulan tersebut akan dibahas kembali pada Pertemuan ke-19 Pejabat Senior FEALAC tahun 2018. 

Indonesia juga mengajukan diri sebagai Ketua FEALAC Working Group on Culture, Youth, Gender and Sports bersama dengan Ekuador periode 2017-2019. Saat ini Indonesia menjabat sebagai Ketua FEALAC Working Group on Trade, Investment, Tourism and MSMEs. 

Pertemuan ke-18 Pejabat Tinggi pada tingkat Senior Officials' FEALAC dipimpin oleh Korea Selatan, Koordinator Regional FEALAC kawasan Asia Timur, bersama dengan Guatemala, Koordinator Regional FEALAC kawasan Amerika Latin periode 2015-2017. 

FEALAC merupakan satu-satunya organisasi yang menghubungkan kawasan Asia Timur dan Amerika Latin. FEALAC dibentuk sejak tahun 1999 dan saat ini beranggotakan 36 negara; 16 negara kawasan Asia Timur dan 20 negara kawasan Amerika Latin. Proyek-proyek dalam kerangka kerja sama FEALAC bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua kawasan antara lain melalui kerja sama ekonomi, perdagangan, investasi, transportasi maupun people-to-people. (p/ab)